Selasa, 07 Februari 2017

Jual Rumput Vetiver Akar Wangi

Jual Rumput Vetiver Akar Wangi
Jual Rumput Vetiver pusat penjualan rumput vetiver dan distributor rumput vetiver . rumput vetiver atau naman latin rumput vetiver zizanioide .


untuk Pemesana tanaman, hubungi kontak dibawah ini:
Telp. 0812-8234-6507
Whatsapp 0896-2565-2241
Erosi adalah proses penggerusan lapis tanah permukaan yang disebabkan oleh beberapa hal seperti angin, air, es, atau gravitasi. Air hujan di atas permukaan tanah akan menumbuk agregat tanah menjadi partikel-partikel tanah yang lepas. Partikel-partikel tanah yang lepas ini akan terbawa oleh aliran permukaan. Erosi secara alamiah dapat dikatakan tidak menimbulkan musibah bagi kehidupan manusia atau keseimbangan lingkungan. Namun erosi dapat terjadi menjadi  erosi dipercepat, hal ini dapat diakibatkan oleh kegiatan-kegiatan atau tindakan yang menimbulkan dampak negatif pada lingkungannya. Terlebih lagi  akan dirasakan pada lereng-lereng jalan yang curam dan terbuka (tanpa vegetasi),  dan  bila  jenis tanahnya mempunyai erodibilitas yang tinggi.

Setelah lereng selesai direncanakan secara geoteknik dengan baik dan dengan mempertimbangkan faktor keselamatan, kemudian diikuti dengan perlindungan lereng yang dilaksanakan dengan baik untuk meyakinkan kestabilan dalam jangka panjang terutama untuk daerah dengan curah hujan tinggi dan memiliki tanah yang peka erosi seperti Indonesia. Ada beberapa pendekatan yang dapat dilakukan: Yaitu dengan : a). metoda kimia (penggunaan bahan pemantap tanah/soil conditioner), b). metoda mekanik yaitu dengan pembuatan terasering, menggunakan pemasangan tembok atau matras kawat, dsb dimana ke dua metoda tersebut berbiaya sangat mahal. c) metoda vegetatif (dengan menggunakan tanaman) , dimana merupakan pendekatan yang bersifat “lembut” atau “hijau” yang tidak mahal, estetis juga ramah lingkungan.

Salah satu upaya penanganan erosi yang dilakukan dengan metoda vegetatif yaitu dengan vetiver system.    Vetiver System (VS) adalah sebuah teknologi sederhana berbiaya murah yang memanfaatkan tanaman Vetiver hidup (Vetiveria zizanioides) untuk konservasi tanah dan air serta perlindungan lingkungan. Vetiver yang ditanam tidak diperbolehkan dipanen akarnya, karena justru jika hal ini terjadi dapat menimbulkan efek yang kontradiktif, dimana terjadinya kerusakan tanah.

Bentuk Fisik Rumput Vetiver

Tanaman ini merupakan tanaman tahunan yang tumbuh tegak dengan tinggi 1.5 – 2.5 m .
Sistem perakarannya dalam dan masif , mampu masuk sangat jauh kedalam tanah. Bahkan ada yang mampu menembus hingga kedalaman 5.2 meter.
vetiver penahan erosi tebing (5)Bila ditanam di lereng-lereng keras dan berbatu, ujung-ujung  akar vetiver mampu masuk menembus dan menjadi semacam jangkar yang kuat. Cara kerja akar ini seperti besi kolom yang masuk ke dalam menembus lapisan tanah, dan pada saat yang sama menahan partikel-partikel tanah dengan akar serabutnya. Kondisi seperti ini dapat mencegah erosi yang disebabkan oleh angin dan air sehingga vetiver dijuluki sebagai ”kolom hidup”.

Batangnya kaku dan keras , tahan terhadap aliran air dalam (0.6 – 0.8 m)
Jika ditanam berdekatan, membentuk baris/pagar yang rapat. Hal tersebut akan mengurangi kecepatan aliran, mengalihkan air larian dan dapat menjadi filter yang sangat efektif.
Tidak menghasilkan bunga dan biji yang dapat menyebar liar seperti alang-alang atau rerumputan lainnya
Keunggulan

Keunggulan Vetiver, antara lain :

Tahan terhadap variasi cuaca, seperti : kekeringan panjang, banjir, genangan dan temperatur – 14º C  sampai 55º C
Mempunyai daya adaptasi pertumbuhan yang sangat luas pada berbagai kondisi tanah, seperti :
Pada tanah masam (mengandung mangan dan aluminium),
Pada tanah bersalinitas tinggi dan mengandung banyak natrium,
Pada tanah yang mengandung  logam berat, seperti : Ar, Cd, Co, Cr, Pb, Hg, Ni, Se dan Zn.
Tahan terhadap rentang pH tanah : 3 – 10.5
Mampu menembus lapisan keras  hingga kedalaman 15 cm. Dengan kemampuan tersebut, dapat bekerja sebagai paku tanah atau pasak yang hidup.
VS sangat praktis, tidak mahal, mudah dipelihara, dan sangat efektif dalam mengontrol erosi dan sedimentasi tanah, konservasi air, serta stabilisasi dan rehabilitasi lahan ( sumber: http://litbang.pu.go.id/arsip/vetiver-rumput-perkasa-penahan-erosi/ )

0 komentar:

Posting Komentar